logo

Penjaminan Mutu PT Batch 5/2011

Di bulan April ini tepatnya tanggal 15-16 April 2011 kembali C-Dev High Education Partner Jogjakarta menyelenggarakan pelatihan tentang Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diikuti peserta utusan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Bandung, Universitas Islam Makasar, Universitas Negeri Manado, Universitas Cendrawasih Jayapura, dan Universitas Wiralodra Indramayu

Seperti biasanya kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu dua hari. Di hari pertama disampaikan mengenai teori dan konsep penjaminan mutu, baik yang bersifat internal maupun eksternal.  Kemudian pada hari kedua dipaparkan kiat-kiat implementasi sistem penjaminan mutu di perguruan tinggi dengan materi strategi pemenuhan standar, mekanisme dan instumen pemenuhan standar, serta kode etik dalam penjaminan mutu. Materi pelatihan disampaikan dengan menggunakan pendekatan pendidikan orang dewasa, tidak menggurui, serius tapi santai. Semua peserta merasa puas karena materi disampaikan secara tuntas dan penyampaiannya tidak monoton. Ilustrasi kasus selalu disampaikan untuk mendukung penjelasan materi.

Untuk meningkatkan pelayanan dan mendekatkan dengan peserta  di bulan Mei dan Juni 2011 C-Dev High Education Partner Jogjakarta merencanakan akan mengadakan kegiatan serupa di Makasar, Denpasar, Batam dan Jogjakarta. Di Makassar akan diselenggarakan pada tanggl 10-11 Mei 2011, Denpasar 24-25 Mei 2011, Batam 7-8 Juni 2011, dan Jogjakarta 21-22 Juni 2011.

 

Dr. ARJ Sengkey, M.Pd.  Universitas Negeri Manado.

Manfaat utama yang kami rasakan dari kegiatan ini adalah kita dapat memahami secara komprehensif standar-standar yang ditetapkan oleh lembaga eksternal. Selama ini kami mengelola perguruan tinggi khususnya prodi sudah berupaya untuk melakukan penjaminan mutu, tetapi standar apa yang perlu kami capai belum sepenuhnya paham, tapi setelah mengikuti kekgiatan ini kami merasa tercerahkan, kami dapat menentukan langkah-langkah apa yang harus dilaksanakan agar standar dapat dipenuhi. Kami menginginkan agar C-Dev dapat memberikan pencerahan kepada teman-teman kami yang lain di Manado yang tidak sempat hadir pada kesempatan kali ini. 


News Terkait